Home » » Ekspedisi Anak Gunung Krakatau Part3

Ekspedisi Anak Gunung Krakatau Part3

Written By Low Budget Travel on Selasa, 21 Mei 2013 | 01.09


Anak Gunung Krakatau (Low Budget Travel) - Perjalanan hari ke dua di mulai, rencana keberangkatan ke Anak Gunung Krakatau ditunda, seharusnya jam 4 subuh harus sudah berangkat, tetapi karena cuaca buruk serta angin kencang akhirnya diundur sampai jam 8 pagi.  Dikarenakan belum disediakan makan pagi, akhirnya kita mencari cemilan untuk sedikit mengganjal perut.

Akhirnya ekspedisi Anak Gunung Krakatau dimulai, awalnya beberapa kilometer dari pulau Sebasi gelombang laut masih tenang, tetapi setelah di tengah - tengah perjalanan, gelombang laut semakin besar dan hampir membuat sebagian penumpang mabuk laut. Ketinggian ombaknya hampir menyamai tinggi kapal yang seakan akan membuat kapal akan terbalik. Tetapi semakin mendekati  Anak Gunung Krakatau gelombang laut semakin kecil dan Alhamdulillah sampai juga di kawasan Anak Gunung Krakatau.

Perjalanan ke Anak Gunung Krakatau sekitar 2 - 3 jam dari pulau Sebasi. Pada saat sampai dilokasi, pasir pantainya berwarna hitam yang berasal dari abu letusan yang selalu dikeluarkan gunung ini. Cagar alam Krakatau ini terdiri dari tiga bagian yaitu pulau Panjang, pulau Sertung & pulau Rakata Besar 

Setelah istirahat sejenak, akhirnya pendakian ke puncak Anak Gunung Krakatau dimulai. Setiap rombongan di temani oleh satu orang guide. Sebelum naik ke puncak, kami semua di briefing terlebih menekankan pada setiap pendaki, apabila terdengar gemuruh ataupun goncangan kecil sebaiknya tidak melanjutkan pendakian ke puncak karena sekitar 30 menit dari goncangan akan terjadi letusan kecil yang akan mengeluarkan batu dan abu.

Briefing selesai, perjalanan ke puncak gunung dimulai. pada awalnya di kaki gunung masih terdapat pepohonan hijau, semakin ke atas semakin tidak ada pohon yang tumbuh. Di puncak gunung sangat gersang dan panas. Tanah yang kita pijak tidak terlalu padat jadi harus berhati hati. Setelah satu jam mendaki, sampailah kita di atas puncak Anak Gunung Krakatau.

Anak Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau
Keunikan dari Anak Gunung Krakatau ini yaitu selalu menambah ketinggian nya 1 cm setiap hari dan ketinggiannya sampai sekarang yaitu 230 mdpl.

Setelah puas menikmati keindahan alam Anak Gunung Krakatau, kita pun kembali ke kaki gunung untuk beristirahat sejenak dan menikmati makan Pagi menuju siang. Setelah makan kita pun bersiap - siap untuk melanjutkan perjalanan ke Lagoon Cabe.

Lagoon Cabe ini merupakan pantai yang dekat dengan Anak Gunung Krakatau, biota bawah lautnya sangat indah, dimulai dari ikan yang berwarna warni dan terumbu karang yang cantik - cantik. Tidak usah repot - repot snorkeling, dari atas kapal pun kita bisa menikmati keindahan laut karena airnya yang sangat jernih.

Dari Logoon Cabe perjalanan dilanjutkan kembali ke pulau Sebasi, sesampainya di sana kita disediakan makan siang. Setelah makan siang kita bersiap siap untuk kembali ke dermaga Canti dan melanjutkan perjalanan ke Bakauheni. Dari Bakauheni kita akan menyebrang kembali ke Merak. Akhirnya selesai lah ekspedisi kita ke Anak Gunung Krakatau.....


Share this article :

+ komentar + 3 komentar

26 Juni 2013 pukul 03.20

itu gersang gitu, ada kawasan buat ngecamp gak? ato jgn2 gak ada pohon... :D

26 Juni 2013 pukul 20.31

Itu kan di puncaknya...klo dikaki gunungnya masih ada pohon ko...
ga bisa nge camp..klo mau di pulau sekelilingnya..bisa tuhh...

10 September 2013 pukul 02.06

halo risca. boleh minta contact numbernya enggak? mau nanya nanya lebih jelas lg nih. bisa whatsapp/line? thanks

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Low Budget Travel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger