Home » » Hagia Sophia Istanbul Turki

Hagia Sophia Istanbul Turki

Written By Low Budget Travel on Rabu, 14 Agustus 2013 | 03.19

Hagia Sophia, Turkey, Low Budget Travel
Hagia Sophia

Hagia Sophia (Low Budget Travel) – Merupakan bangunan bersejarah yang sudah beralih fungsi dari Gereja katedral kemudian menjadi Masjid dan akhirnya pada tahun 1937 dibawah pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk berubah fungsi menjadi Museum.
Perubahan fungsi dari Gereja menjadi masjid yaitu diawali pada saat konstantinopel ditaklukkan oleh Sultan Mehmed II kemudian Sultan Mahmed langsung memerintahkan agar gereja Hagia Sophia harus dirubah menjadi Masjid.
Hagia Sophia mempunyai luas bangunan 70,3 x 69,5 meter memiliki kubah utama dan dua kubah lainya yang berukuran setengah dari kubah utama. selain kubuh, bangunan ini memiliki 40 jendela dan lebih dari 20 tiang penyangga. Diluar bangunan terdapat empat tambahan menara yang mempunyai bentuk kerucut. Dalam kubah utama terdapat kaligrafi Alquran yang merupakan karya dari Kazaker Izzed Effendi. Dan untuk bagian kubah lainnya terdapat relief khas peninggalan dinasti Utsmaniyah
Bagian lantai dan dinding berupa marmer dan batu pualam. Untuk dinding bagian atas dihiasi oleh orname dan mosaik serta relief yang bernafaskan agama. Pada dinding pojok bagian atas terdapat piringan dengan tulisan Allah Swt dan Muhammad Saw.
Selain kaligrafi islam, di dalam Hagia Sophia masih terdapat mosaik- mosaik yang menunjukkan bahwa dahulu bangunan tersebut merupakan gereja katedral yaitu dengan adanya mosaik Yesus Kristus sebagai Pantrokrator ddan mosaik Tuhan bunda maria besera tuhan putra di pangkuannya. Selain itu terdapat pula Kaisar Jhon II Comnesus di sebelah kanan dan Ratu Eirene disebelah kiri.

Bagi para low budget travel Muslim yang ingin berkunjung ke Hagia Sophia, bisa memanfaatkan paket umroh plus Turki, jadi bisa ibadah sekaligus berwisata untuk menelusuri khasanah peradaban Islam di bumi Turki.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Low Budget Travel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger