Home » » Tour Jogja Part 3

Tour Jogja Part 3

Written By Low Budget Travel on Selasa, 07 Januari 2014 | 02.36

Tour Jogja Part 3 ( Low Budget Travel) - Hari ke dua di Jogja kita berencana untuk pergi ke air terjun Sri Gethuk dan pantai - pantai di daerah Gunung Kidul. Untuk menghemat waktu dan biaya kita memutuskan untuk menyewa mobil avanza harga sewa nya sebesar IDR300000 (24 jam) sudah termasuk sopir tetapi untuk bensin dan biaya masuk ke tempat wisata kita yang bayar. Perjalanan di mulai sekitar jam 8.00 wita. Tujuan pertama kita yaitu air terjun Sri kethuk. Perjalanan kesana kurang lebih sekitar 1 jam, tiket masuk untuk area ini yaitu IDR5000/orang dan sudah termasuk pemandu. Tiket tersebut sudah termasuk dua tempat yaitu Goa Rancang Kencono dan air terjun Sri Gethuk.
Air terjun SRi Gethuk, Low Budget travel, Yogyakarta, Jogja
Air Terjun Sri Gethuk

Tempat pertama yang kita kunjungi yaitu Gua Rancang Kencono.Menurut pemandu, gua ini dulunya di gunakan para pejuang untuk mengatur siasat untuk lewana penjajah. Terdapat tiga bagian utama gua yang pertama yaitu ruang utama yang ukurannya lumayan besar dan untuk ruangan yang kedua dan ketiga sangat kecil apalagi untuk bagian terdalam gua, untuk memasuki ruangan kita harus merunduk dan disarankan untuk yang mempunyai ukuran badan kebih dari double XL tidak usah memaksakan masuk ke ruang ke tiga.

Didalam ruang ketiga pun terdapat ruangan kecil seperti tempat untuk bertapa dan ada bagian dari gua yang berbentuk kunci. Setelah masuk gua dan berfoto - foto, guide yang berada di gua meminta sumbangan "Seiklhlas nya" padahal ditiket masuk sudah di sebutkan termasuk "Guide". Selain itu apabila kita dipinjamkan senter maka harga sewa satu senter itu IDR1000.

Lupakan gua, selanjutnya kita akan menuju tempat yang kedua yaitu air terjun Sri Gethuk. jarak dari goa ke air terjen sekitar 2 - 3 KM jadi lebih baik kita menggunakan kendaraan saja.Setelah sampai di parkiran, ternyata jarak ke air terjun masih lumayan jauh. Terdapat dua alternatif untuk menuju air terjun yang pertama kita bisa menggunakan perahu harga sewanya IDR5000 sekali jalan atau alternatif ke dua kita bisa  jalan kaki menuju air terjun. Pada saat kita kesana ternyata perahu nya sedang  beristirahat akhirnya kita memutuskan untuk berjalan kaki. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit hanya saja pada saat akan mendekati air terjun, anak tangga yang tersedia sangat tinggi lumayan membuat ngos - ngosan.

Tetapi semua terbayar dengan keindahan air terjun dan sungia yang mengalir dibawahnya. Warna air sungai yang hijau seperti layaknya di Green Canyon menambah keindahan tempat ini. Akhirnya kita bisa beristirahat sejenak sambil berfoto - foto dan menikmati keindahan air terjun Sri Gethuk ini.Setelah energi sedikit terisi, kita kembali ke tempat parkiran mobil. Sebelum melanjutkan perjalanan kita membeli indomie rebus dan air kelapa. Lumayan bisa buat ganjel.

Tujuan selanjutnya yaitu deretan pantai di Gunung Kidul untuk memasuki kawasan pantai kita harus membayar tiket IDR20000/ mobil yang merupakan tiket masuk kawasan pantai. Pantai pertama yang akan kita kunjungi yaitu pantai Baron. Di pantai ini kurang begitu bagus karena area pantai dan perahu para nelayan bercampur, karena kurang bagus akhirnya kita melanjutkan ke pantai selanjutnya yaitu pantai Kukup. Dipantai ini suasananya mirip dengan Tanah Lot  Bali, kita bisa melihat bangunan seperti Pura di tengah laut tapi bedanya terdapat jembatan yang menghubungkan pulau kecil di tegah laut dengan daratan.Pantai selanjutnya yaitu Pantai Indrayanti, dipantai ini aga berbeda dengan pantai sebelumnya karena disini lokasi pantai lebih tertata rapih. Nama Indrayanti sendiri berasal dari nama pengelola pantai sebenarnya pemerintah setempat memberi nama Pantai Pulang Syawal.

Karena hari semakin sore akhrnya kita memilih satu pantai lagi untuk dikunjungi yaitu pantai Pok Tunggal. Letak dari pantai Pok tunggal ini sangat berbeda dari pantai - pantai sebelumnya. Untuk mencapai ke lokasi Pok tunggal kita harus melewati jalanan yang lumayan aga kecil dan terjal. Keunikan dari Pantai Pok Tunggal ini yaitu ada satu pohon yang  berada di area pantai, sayangnya pada saat kita ke sana, pohon itu sedang menggugurkan daunnya, jadi hanya beberapa rantinh yang masih memiliki daun, tak apah setidaknya kita sudah pernah kesini.
Pantai pok Tunggal, Yogyakarta, Low Budget Travel
Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal ini merupakan pantai terujung di deretan pantai - pantai sekitar gunung kidul, maka kita akan kembali ke Jogya. Perlu di ingat untuk masuk ke setiap pantai kita hanya bayar IDR5000/mobil.
Sebelum kembali ke penginapan kita mampir ke tempat makan yaitu Raminten. Harga makanan disini cocok banget untuk para Low Budget Travel. Setelah makan, kita pun melanjutkan perjalanan untuk mencari penginapan baru di daerah Kaliurang.karena Jumat malam semua hostel penuh akhirnya kita memutuskan untuk menginap di Hotel daerah kaliurang dengan harga perkamar nya yaitu IDR200000, lumayan aga mahal. Setelah sampai di penginapan kita pun beristirahat dan mempersiapkan diri untuk jalan - jalan selanjutnya.....
Selamat Malam
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Low Budget Travel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger